This page is intended for users in Germany. Go to the page for users in United States.

Wantedly Journal | 仕事でココロオドルってなんだろう?

Recruiters

7 Keuntungan Merekrut Karyawan Via Social Recruitment atau Sosial Media

2017/03/20

Merekrut karyawan via sosial media kini bukan lagi hal yang baru. 

Trend social recruitment kini semakin melesat karena tingkat efektivitas dan kepuasan baik bagi perusahaan maupun karyawan itu sendiri. Jika Anda masih ragu dengan manfaat atau keuntungan merekrut karyawan via social recruitment atau sosial media, simak 7 poin menarik berikut ini :

1. Meningkatkan Visibilitas Lowongan Pekerjaan

Facebook kini memiliki lebih dari 1.35 juta pengguna aktif, sedangkan Twitter mulai menggunakan fitur chat untuk para pencari pekerjaan.

Kandidat terbaik Anda ada berada di antara kaum millenial yang selalu eksis di dunia maya atau sosial media. Dengan menggunakan social recruitment seperti platform Wantedly yang sudah tersambung dengan aplikasi sosial media, maka visibilitas iklan lowongan pekerjaan Anda akan semakin mencuat. Hasilnya? Kandidat yang tepat akan mengalir ke arah perusahaan Anda.

2. Kualitas Pekerja Yang Lebih Baik.

59% dari kandidat yang direkrut via platform sosial media termasuk Wantedly disebut sebagai karyawan dengan “kualitas terbaik” dari atasan mereka. 

Hal ini masuk akal karena sosial media seperti Facebook atau Twitter bekerja sesuai dengan demografis, minat, ketrampilan dan kalangan sosial tertentu dengan visi yang lebih searah. Sedangkan Linked bekerja dengan melihat histori pekerjaan.

Wantedly sendiri juga memprioritaskan pentingnya kesamaan visi, etik kerja, ketrampilan dan hal- hal lainnya. Selain itu, platform Wantedly memberikan keleluasaan waktu pengenalan antar karyawan dan perusahaan hingga tercapai kesepakatan bersama.

3. Tingkat Kepercayaan Yang Lebih Tinggi

Social Recruitment seperti Wantedly bukan saja meningkatkan brand perusahaan Anda, namun juga tingkat kepercayaan sosial atau brand awareness.

Dengan menggunakan platform social recruitment Wantedly, Anda menciptakan eksistensi sosial dengan mempromosikan kultur perusahaan Anda yang ramah karyawan, modern, dinamis dan dapat dipercayai.

4. Mendapatkan Lebih Banyak Referensi Akurat

Referensi adalah sumber merekrut karyawan yang pertama dan paling sukses.

Berdasarkan riset dari Guidant Group - sebuah agen rekruitmen karyawan global di Inggris, referensi karyawan sering menghasilkan potensi pekerja yang lebih berkualitas dengan tingkat retensi yang lebih baik.

Wantedly juga menghadirkan fitur “recommended”, dimana pengguna bisa merekomendasikan atau mereferensikan postingan job tertentu kepada lingkaran sosial mereka. Selain itu, fitur sharing via Facebook atau Twitter juga merupakan referensi tidak langsung yang bisa menghasilkan jaringan kandidat yang berpotensi.

5. Meningkatkan Partisipasi Karyawan Perusahaan Anda

Dengan memposting sebuah lowongan pekerjaan di platform sosial media, karyawan- karyawan yang sudah bekerja di perusahaan Anda akan turut berpartisipasi menyebarkan info lowongan pekerjaan. 

Pada Wantedly, strategi merekrut karyawan bersifat aktif dan jitu karena Anda telah menggunakan sumber daya manusia yang sudah anda miliki untuk menjangkau potensi kandidat baik yang aktif maupun pasif ( tidak sedang mencari pekerjaan).

6. Biaya Merekrut Karyawan Yang Lebih Murah

Menggunakan jasa social recruitment memang tidak bersifat gratis. Tetapi jika dibandingkan dengan jasa rekrut tradisional yang mahal, merepotkan dan tidak efisien, jelas social recruitment seperti Wantedly lebih berpotensi menghadirkan kandidat yang lebih handal, selaras dan berkualitas, tanpa harus membayar mahal.

7. Membuka Peluang Networking Lebih Luas

Keunggulan sosial media secara umum adalah jaringan atau koneksi antar individu yang sangat luas. Social recruitment yang tepat akan semakin memfasilitasi interaksi yang akrab. Pada Wantedly, fitur “ komunikasi sebelum melamar” adalah salah satu fitur populer yang sangat membuka peluang hubungan baik untuk kebutuhan merekrut ataupun informasi bisnis lainnya.

Masih merekrut karyawan dengan cara tradisional? Atau masih mencari peluang merekrut karyawan via sosial media tetapi belum berhasil? Anda butuh Wantedly. Cari informasi mengenai kami lebih lanjut di https://www.wantedly.com/about/list dan https://www.wantedly.com/about/overview !

Mulailah dengan gratis disini - Wantedly Admin Gateway for recruiters-

WEITER